Monday 25 May 2015

Kode kehormatan

Sebagaimana golongan lainnya yang memiliki kode kehormatan berupa janji (satya) dan ketentuan moral (darma), pramuka siaga pun memilikinya. Kode Kehormatan bagi Pramuka Siaga ada dua, yang pertama disebut Dwi Satya (janji Pramuka Siaga), dan yang kedua disebut Dwi Darma (ketentuan moral Pramuka Siaga). Kode kehormatan sendiri merupakan serangkaian ketentuan dasar yang harus dilaksanakan setiap anggota Pramuka dalam bertingkah laku sehari-hari dan merupakan standar moral bagi seorang Pramuka Siaga dalam bertingkah laku di masyarakat. Jadi kalau ada seorang anggota Pramuka Siaga yang tingkah lakunya tidak sesuai dengan standar moral ini, dia belum bisa disebut Pramuka Siaga seutuhnya. Kode kehormatan untuk pramuka siaga terdiri atas Dwisatya dan Dwidarma.

Dwi Satya

Kata Dwi Satya merupakan bahasa kuno leluhur bangsa Indonesia yaitu bahasa sansekerta yang berarti, Dwi adalah dua dan Satya adalah Janj

Copy and WIN : http://ow.ly/KNICZ
Kata Dwi Satya merupakan bahasa kuno leluhur bangsa Indonesia yaitu bahasa sansekerta yang berarti, Dwi adalah dua dan Satya adalah Janj

Copy and WIN : http://ow.ly/KNICZ
kata dwi satya berasal dari bahasa jawa kuno atau Bahasa Sansekerta. kata Dwi berarti dua dan Satya berarti janji. adapun bunyi dari Dwi Satya yaitu :
 

Demi kehormatanku, aku berjanji akan bersungguh-sungguh

  1. menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, Negara Kesatuan Indonesia, dan mengikuti tata krama keluarga

  2. setiap hari berbuat kebajikan  

    Makna yang terkandung didalam Dwi Satya adalah : 

    Dengan membaca Dwi Satya berarti Pramuka Siaga telah mengikrarkan diri untuk

     a. Bersungguh-sungguh dalam melaksanakan kewajiban terhadap Tuhan Yang Maha Esa.  Sebagai contoh melaksanakan ibadah dengan teratur, tepat waktu, baik, dsb.

    b.  Bersungguh-sungguh dalam melaksanakan kewajiban terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. sebagai contoh, mengikuti upacara bendera dengan hikmat, merayakan hari-hari kenegaraan dengan semangat, meningkatkan rasa cinta tanah air dengan menghormati dan memnjunjung tingi bendera merah putih yang hampir setiap hari disandang oleh pramuka siaga baik dalam bentuk pakaian, setanganleher, atribut, dsb.

    c. Bersungguh-sungguh dalam melaksanakan kewajiban terhadap aturan keluarga. sebagai contoh : membantu orangtua dalam melakukan pekerjaan rumah, berkata dan bertingkah laku yang santun, bangun pagi, berperilaku mandiri dsb.

    d. Setiap hari melakukan kebajikan. sebagai contoh : berlaku baik terhadap teman, adik, guru, orang tua dll, juga peduli terhadap lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya, tidak merusak tata lingkungan dsb.

Welcome to our Blog

Pramuka Update

Popular Post

- Copyright © Dewan Kerja Ranting Bendosari -All Rights Reserved- Powered by Blogger - Designed by dkr bendosari -

Notifikasi :

1. Baca Basmallah.

2. Klik 2x untuk memilih menu

3. Selamat Mencari Ilmu.

4. Maaf jika ada kekurangan.

5. Semoga Bermanfaat.

............

Admin