Monday 25 May 2015

Kode kehormatan

Sebagaimana golongan lainnya yang memiliki kode kehormatan berupa janji (satya) dan ketentuan moral (darma), pramuka siaga pun memilikinya. Kode Kehormatan bagi Pramuka Siaga ada dua, yang pertama disebut Dwi Satya (janji Pramuka Siaga), dan yang kedua disebut Dwi Darma (ketentuan moral Pramuka Siaga). Kode kehormatan sendiri merupakan serangkaian ketentuan dasar yang harus dilaksanakan setiap anggota Pramuka dalam bertingkah laku sehari-hari dan merupakan standar moral bagi seorang Pramuka Siaga dalam bertingkah laku di masyarakat. Jadi kalau ada seorang anggota Pramuka Siaga yang tingkah lakunya tidak sesuai dengan standar moral ini, dia belum bisa disebut Pramuka Siaga seutuhnya. Kode kehormatan untuk pramuka siaga terdiri atas Dwisatya dan Dwidarma.

Dwi Darma

kata dwi darma berasal dari bahasa jawa kuno atau Bahasa Sansekerta. kata Dwi berarti dua dan darma berarti pengamalan. adapun bunyi dari Dwi darma yaitu :

  1. Siaga berbakti kepada ayah dan ibundanya
  2. Siaga berani dan tidak putus asa

Makna yang terkandung didalam Dwi Darma adalah : 

Dengan membaca Dwidarma berarti Pramuka Siaga telah mengikrarkan diri untuk mengamalkan 

1. Berbakti kepada ayah dan ibu, sebagai contoh : tidak membantah ketika disuruh selama itu baik, selalu mendoakan orangtua, tidak menjadi anak durhaka, membanggakan orangtua,

2. seorang anak Pramuka tidaklah memiliki rata putus asa dalam hidupnya. karena seorang pramuka selalu berusaha dan berusaha karena kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda.

Welcome to our Blog

Pramuka Update

Popular Post

- Copyright © Dewan Kerja Ranting Bendosari -All Rights Reserved- Powered by Blogger - Designed by dkr bendosari -

Notifikasi :

1. Baca Basmallah.

2. Klik 2x untuk memilih menu

3. Selamat Mencari Ilmu.

4. Maaf jika ada kekurangan.

5. Semoga Bermanfaat.

............

Admin